Modul SAP yang Paling Banyak Digunakan Perusahaan
SAP ini terdiri dari sejumlah program besar dan juga sub-program
28 January, 2022 by
| 1 Comment

SAP Indonesia memiliki kompleksitas yang tinggi. Software SAP terbukti mampu melaksanakan berbagai macam fungsi yang berbeda dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. SAP ini terdiri dari sejumlah program besar dan juga sub-program. Yang dimaksud dengan program SAP sendiri adalah sebuah instruksi yang terstruktur dengan kode yang ditulis dalam bahasa pemrograman khusus SAP. Software ini sangat bermanfaat dalam bidang finance, procurement, sales order, warehouse management, dan masih banyak lagi lainnya. Perusahaan yang menggunakan SAP akan memiliki operasional dan fungsi lebih efektif di tiap departemennya.

Modul SAP

Dalam perangkat lunak SAP ada berbagai macam modul yang bisa dipilih. Modul yang ada di SAP memiliki fungsinya masing-masing dan bisa dimanfaatkan untuk keberlangsungan perusahaan. Dari beberapa modul yang ditawarkan tersebut ada beberapa modul yang paling sering digunakan oleh perusahaan seperti di bawah ini:

1. FICO

FICO adalah singkatan Finance and Control. Modul FICO ini menggabungkan standar akuntansi, manajemen uang kas, ledger umum, konsolidasi yang mana tujuannya untuk membuat laporan keuangan, akuntansi biaya terdiri dari cost center accounting, analisis keuntungan, dan juga elemen cost accounting.

2. PP

Modul SAP Indonesia yang banyak digunakan selanjutnya adalah PP yang merupakan singkatan dari Production Planning. Modul ini berfungsi untuk menjalankan proses perencanaan dan melakukan kontrol terhadap manufaktur di dalam perusahaan. Modul ini mencakup konfigurasi sistem yang menyeluruh, data master, dan juga mencakup berbagai macam solusi bagi proses produksi perusahaan.

3. MM

MM atau Material Management merupakan modul SAP yang tujuannya adalah membantu proses pembelian atau procurement serta membantu dalam manajemen inventaris. Modul ini juga bisa di integrasikan dengan modul SAP lainnya seperti FICO, SD, QM, PP, dan masih banyak lagi lainnya.

4. SD

Modul SD ini digunakan sebagai peningkat efisiensi dan aktivitas operasional perusahaan yang berkaitan dengan pesanan pembeli.  Modul ini pun juga bisa di integrasikan dengan modul lainnya seperti FICO, MM, dan juga PP.

5. HR 

HR merupakan singkatan dari Human Resources. Manfaatnya untuk melakukan integrasi terhadap semua proses di dalam departemen human resources. Proses tersebut mulai dari aplikasi atau registrasi, administrasi para karyawan, manajemen waktu, pemenuhan gaji dan masih banyak lagi lainnya.

6. CRM

Modul SAP Indonesia yang banyak digunakan selanjutnya adalah CRM. CRM ini berhubungan dengan back-end dari sistem ERP. Selain itu CRM ini berhubungan dengan supply chain, business intelligence, penerapan di lapangan, dan masih banyak lagi lainnya. Tujuan modul CRM ini adalah menyediakan informasi yang lebih baik berhubungan dengan pelanggan, selain itu akan membuat perusahaan mengerti tentang bagaimana membuat konsumen puas terhadap layanan perusahaan. Tidak hanya itu saja CRM ini juga akan membantu dalam memperbaiki kualitas servis, menyelesaikan masalah secara tepat waktu, dan juga meningkatkan hubungan yang lebih baik terhadap konsumen.

7. QM

QM merupakan singkatan dari Quality Management. Modul QM ini digunakan untuk mengecek kualitas dari serangkaian proses yang terjadi dalam bidang logistik.

8. PS

Modul terakhir yang banyak digunakan oleh perusahaan adalah PS atau Project System dimana modul ini digunakan untuk mengintegrasikan semua proses dari perencanaan proyek, eksekusi, dan juga kontrol perusahaan.

Kelebihan

Kelebihan yang bisa didapatkan perusahaan dengan mengimplementasikan SAP Indonesia ini adalah bisa meningkatkan kecepatan proses bisnis yang berhubungan dengan pelayanan pelanggan, meningkatkan reaksi terhadap perubahan pasar. Tidak hanya itu saja SAP ini juga meningkatkan konsistensi kinerja perusahaan dan memastikan bahwa SOP yang diberlakukan perusahaan sudah dijalankan secara  maksimal.

Untuk bisa menggunakan modul SAP Indonesia Anda bisa menghubungi vendor penyedia software SAP terbaik di Indonesia, jangan memilih vendor yang abal-abal agar Anda tidak kecewa saat menggunakan software mereka.

Source: https://www.soltius.co.id/id/blog/read/8-modul-sap-indonesia-yang-paling-banyak-digunakan-perusahaan

in News
28 January, 2022
Share this post
Our blogs
Archive
Sign in to leave a comment